Logistik Rumah Sakit: Peran, Kelebihan & Tantangannya

Artikel
Oleh Admin Satunadi
  • 11 Jun 2024

Logistik rumah sakit merupakan bagian yang sangat penting dalam manajemen rumah sakit, baik untuk staf maupun pasien. Dengan menerapkan manajemen logistik rumah sakit yang teratur dan baik, maka akan mengurangi risiko kehabisan pasokan alat dan kebutuhan kesehatan.

Mulai dari menyediakan resep hingga alat-alat kesehatan lainnya, sistem logistik rumah sakit akan mendorong pertumbuhan rantai pasokan yang berbasis nilai. Tugasnya sehari-hari dapat berupa pemesanan barang, mengantarkan barang, pengemasan, transparansi pemenuhan kebutuhan medis, dan lain sebagainya. Simak selengkapnya tentang pentingnya logistik rumah sakit di bawah ini.

Peran Manajemen Logistik Rumah Sakit

Logistik merupakan instrumen yang sangat berharga dalam sebuah perusahaan, termasuk salah satunya di rumah sakit. Manajemen logistik di rumah saki menjadi efisien ketika dapat memenuhi fungsinya dengan baik. Logistik rumah sakit memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga proses kerja rumah sakit.

Peran logistik di rumah sakit menjadikannya sebagai komponen yang sangat strategis dalam mengontrol performa rumah sakit jadi lebih baik dan memuaskan pasien. Manajemen yang baik juga akan mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk hal-hal yang tidak perlu. Dengan memaksimalkan fungsi logistik, kerja staf logistik dan staf rumah sakit secara keseluruhan juga lebih efektif dan hemat waktu.

Manajemen logistik rumah sakit mengatur dan memantau pergerakan peralatan kesehatan dan jasa dari titik asal hingga akhir alat tersebut digunakan. Menciptakan strategi logistik yang efektif dengan menerapkan kemajuan teknologi dapat membawa rumah sakit ke level berikutnya yang lebih memuaskan pasien dan pengunjung rumah sakit.

Kelebihan Manajemen Logistik Rumah Sakit

Berikut ini adalah beberapa kelebihan manajemen logistik rumah sakit yang baik:

1. Visibilitas Penuh Rantai Pasokan Rumah Sakit

Sebagai bagian yang sangat penting di rumah sakit, logistik bertanggung jawab atas pembelian, penerimaan, pengelolaan stok, dan lain sebagainya. Logistik menyumbang pada sekitar 46% dari anggaran rumah sakit. Dengan menerapkan manajemen logistik yang baik, maka visibilitas secara real time akan terealisasi di seluruh proses, sehingga memungkinkan rumah sakit mengambil keputusan yang tepat.

Dengan menggunakan sistem manajemen logistik yang baik dan dapat diandalkan akan lebih mudah mengetahui update di setiap aspek pergerakan produk, mengurangi risiko kehabisan produk, dan mengoptimalkan efisiensi kerja, dan mengurangi biaya pengiriman dan biaya-biaya ekstra lainnya.

2. Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Ekosistem logistik yang dikelola dengan baik akan memastikan bahwa pesanan barang bisa disiapkan, dikemas, dan diantar ke tujuan dengan benar. Kelebihan manajemen logistik rumah sakit yang signifikan adalah dapat mengurangi biaya overhead dengan proses otomatisasi dan mengoptimalkan aktivitas. Hal ini dapat mengontrol tingkat inventaris dan menerapkan strategi yang terencana untuk analisis permintaan dan pasokan.

Selain memastikan inventaris barang rumah sakit tidak kehabisan, tapi juga memastikan bahwa tidak akan ada produk yang berlebihan dan sia-sia. Manajemen logistik rumah sakit yang baik akan membantu rumah sakit menjadi tetap kompetitif dan stabil. Dengan menggunakan software manajemen logistik yang tepat, akan memungkinkan rumah sakit untuk memenuhi permintaan dan harapan pasien dan pengunjung dan mengurangi biaya operasional.

Jika dipadukan dengan sistem penagihan di rumah sakit yang baik, maka proses pembayaran akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu, akan memungkinkan sistem manajemen logistik menghemat biaya yang tidak perlu.

3. Meningkatkan Pengalaman Pasien di Rumah Sakit

Saat pasien mendapatkan pengalaman yang mulus atau setidaknya tidak terlalu bermasalah, maka akan membuat pasien tidak terlalu stres selama di rumah sakit. Kalau hal ini dipertahankan, maka reputasi rumah sakit akan semakin baik. Jadi sebenarnya apa itu pengalaman pasien? Pengalaman dimulai dari awal pendaftaran hingga akhir mereka selesai dengan layanan tersebut. Ini termasuk interaksi dengan staf rumah sakit, bagaimana perawat dan dokter menyampaikan info, dan bagaimana rumah sakit mengeksekusi prosesnya.

Nah, pengalaman pasien bisa lebih ditingkatkan dengan cara membuat alur peralatan kesehatan di sistem rumah sakit dengan lancar. Logistik rumah sakit yang diatur dengan baik akan meningkatkan pengalaman pasien dan memungkinkan penanganan pasien yang lebih baik dan cepat. Tidak adanya keterlambatan juga memungkinkan peningkatan kesehatan dan bahkan menyelamatkan nyawa pasien.

Bahkan manajemen logistik rumah sakit yang baik seperti sistem pengaturan tempat tidur pun akan membuat pasien lebih nyaman dan tidak stres selama menjalani rawat inap di rumah sakit. Selain itu, manfaat lain dari sistem logistik rumah sakit yang baik antara lain adalah:

  • Proses transportasi pasien yang lebih singkat (misalnya dari ruang operasi ke kamar inap, dari ruang periksa ke laboratorium, dan lain sebagainya)
  • Waktu menunggu pasien yang tidak terlalu lama
  • Memastikan keamanan pasien
  • Memastikan perawatan yang berkualitas tinggi.

Tantangan yang Dihadapi Logistik Rumah Sakit

Merupakan tugas yang tidak mudah, tentu saja manajemen logistik rumah sakit menghadapi tantangannya sendiri. Di antaranya adalah:

  • Memastikan bahwa pesanan barang dikirim dan sampai tepat waktu, dalam kondisi yang baik.
  • Menjaga agar semua peralatan medis diletakkan di tempat yang benar dan disimpan dengan baik agar kondisinya tetap berkualitas hingga digunakan.
  • Menangani biaya tersembunyi yang mungkin dikenakan pemasok dalam pemesanan barang.
  • Kekurangan persediaan obat-obatan yang sering menjadi masalah dalam logistik rumah sakit.
  • Visibilitas data yang sebelum adanya software khusus menjadi batasan dalam manajemen rumah sakit.

Gunakan Software untuk Mengatasi Logistik Rumah Sakit

Berbagai tantangan yang disebutkan di atas kini bisa ditangani dengan menggunakan software manajemen logistik rumah sakit yang dapat diandalkan. Software yang tepat akan meningkatkan visibilitas data dan alur kerja. Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan software logistik rumah sakit yang tepat:

  • Proses Jadi Lebih Simpel

    Jika dilakukan secara manual, menangani manajemen logistik rumah sakit tentu akan lebih rumit. Tapi dengan bantuan software yang tepat, maka prosesnya akan jauh lebih sederhana dan lebih mudah dilacak.

  • Penggunaan Teknologi yang Canggih

    Software terkini pasti menggunakan sistem yang kuat, sehingga dapat mengoptimalkan proses manajemen logistik rumah sakit dan mengurangi risiko kerugian.

  • Mempercepat Proses

    Software manajemen logistik rumah sakit yang baik akan mempercepat proses kerja dan memungkinkan rumah sakit untuk menghemat waktu dan biaya.

Untuk mendapatkan sistem logistik rumah sakit yang rapi, pastikan menggunakan software yang dapat diandalkan. SATUNADI sebagai Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), Telemedicine dan Health-ID, menyediakan sistem yang lebih transparan sehingga memudahkan komunikasi di dalam rumah sakit. SATUNADI mampu memproses dan mengintegrasikan seluruh alur bisnis pelayanan kesehatan dengan cepat, tepat, dan akurat.